Berita Terbaru El Sinta

Browser Mana Yang Anda Pakai..?

Internet Explorer....!!

Benarkah Internet Explorer semakin ditinggalkan? Menurut saya, iya! Karena berdasarkan data statistik pengunjung blog ini yang datang menggunakan Internet Explorer, menunjukkan grafik penurunan. Dan berdasarkan data statistik itu pula, browser yang paling banyak digunakan adalah Firefox dan Opera. Untuk sistem operasi, Microsoft Windows memang masih belum terkalahkan. Tapi untuk browser, microsoft dengan Internet Explorer nya, sudah kalah telak.
Screenshot di bawah ini merupakan statistik pengunjung blog tongkonanku selama satu bulan terakhir ini (sejak tulisan ini dibuat), berdasarkan browser yang digunakan.
Statistik di atas memperlihatkan Internet Explorer, penggunanya masih lebih banyak dari Google Chrome, tapi perbedaan jumlah angkanya sangat tipis. Namun melihat performa Google Chrome yang terus meningkat pesat, saya yakin nggak butuh waktu lama, google Chrome akan menggeser posisi Internet Explorer. Bahkan banyak yang memprediksi, google chrome akan menjadi pesaing berat bagi mozilla firefox.
Sadar akan semakin turunnya jumlah pengguna internet explorer, microsoft kini sedang menyiapkan Internet Explorer 9. Kabarnya, Internet Explorer 9 fokus pada HTML 5 yang akan menawarkan pengalaman browsing yang lebih hebat. Hmm.. kita lihat aja nanti, bakal seperti apa kehebatan dari Internet Explorer 9.
Bagaimana menurut Anda? Bisakah Internet Explorer merebut kembali menduduki tahta sebagai browser ter-vaforite?.


Mozilla Firefox....!!

Mozilla adalah browser paling populer saat ini. selain karena kecepatan dan stabilitasnya yang memang oke, browser ini juga free dan dicintai banyak orang. Hampir sebagian besar pengguna internet mengakui kehebatan mozilla firefox. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam penggunaan mozilla firefox.
 
1) Drag and drop

Banyak hal yang bisa anda lakukan dengan drag and drop (tarik dan jatuhkan) di firefox. diataranya:
1.       Tarik favicon (icon khas suatu website) ke icon “home” firefox anda (yang bergambar rumah, untuk menjadikannya sebagai home page anda.
2.       Tarik suatu link atau gambar ke ikon new tab untuk membukanya di tab baru tersebut.
3.       Tarik sebuah link atau gambar ke kotak “download” untuk langsung mendownloadnya.
4.       Blok suatu tulisan lalu tarik ke search bar atau kotak pencarian (di sebelah address bar) untuk langsung mencari kata tersebut dengan google. Jika anda menarik tulisan tersebut ke address bar dan menekan enter, firefox akan membawa anda ke pencarian “I’m Feeling Lucky” Google, yakni anda akan dibawa langsung ke halaman daftar hasil pencarian teratas.
2) Keyboard shortcut
Disamping beberapa shorcut keyboard yang sudah dikenal banyak orang seperti Ctrl + T: untuk membuka tab baru, Ctrl + N: untuk membuka window baru, berikut ini ada beberapa shorcut lain yang tidak begitu populer namun cukup berguna:
1.       Ctrl + Enter: berguna untuk menambah www dan .com pada address bar. misalnya anda mengetik “detik” dan menekan Ctr + Enter, maka firefox akan membuka www.detik.com
2.       Ctrl + “+” atau “-” : berguna untuk memperbesar atau memperkecil ukuran huruf.
3. Spacebar: (tombol spasi) sama fungsinya dengan Page down, yaitu untuk menggulung layar ke bawah.
3.       Shift + Spacebar: sama fungsinya dengan page up, yaitu untuk menggulung layar ke atas.
4.       Alt + Enter: membuat tab baru yang sama persis dengan tab yang sedang dibuka.
3) Mouse shortcut
1.       Ctrl + scroll up/down: memperbesar/memperkecil ukuran huruf, sama fungsinya dengan Ctrl ++/-
2.       Klik sebuah link dengan tombol tengah mouse, berfungsi untuk membuka link tersebut pada tab baru.
3.       Shift + scroll up/down: navigasi antara halaman next dan previous page
4) about:config
Ada ratusan konfigurasi yang dapat anda edit pada halaman about:config ini. Namun jika anda tidak terlalu paham, sebaiknya jangan terlalu berani mengutak-atik settingan di sini.
5) Me-restore pengaturan toolbar setelah Firefox mengalami crashes.
Jika firefox anda mengalami crashes dan anda mendapatkan setting toolbar anda jadi berantakan, klik pada View-> Toolbars -> Customize. Pilih “Restore Default Set”. Semua settingan akan kembali seperti semula

Google Chrome....!!


Google Chrome telah meluncurkan sistem operasi berbasis open source bernama Chrome. OS ini akan segera menyambangi pasar pada masa sekarang ini. Sayang, Chrome OS hanya akan berjalan pada piranti keras yang memang ada kerjasama dengan pihak Google. Tentunya piranti yang cocok adalah sebuah netbook.
“Mungkin piranti yang cocok adalah sebuah netbook, yang memiliki SSD, konektifitas WiFi, serta full size keyboard,” ujar Sundar Pichai, Vice President Google untuk manajemen produk, seperti dikutip detikINET dari PC World.
Lebih lanjut, inilah  5 keuntungan memakai Chrome OS:
1. Booting yang Cepat
Pichai menyebutkan bahwa Chrome OS sama seperti sebuah televisi saat dinyalakan. Tidak memiliki jeda waktu booting yang lama, karena tak memiliki aplikasi lokal yang membatasi ruang gerak hardware.
2. Masalah Keamanan
OS ini diintegrasikan dengan Chrome browser. Dengan demikian maka selayaknya browser, OS ini akan langsung mengupdate sistem keamanannya secara default. Hal ini masih ditambah lagi dengan penyimpanan data secara fisik dalam storage yang kini dirancang minimalis. Pasalnya semua data dapat disimpan secara online.
3. Dukung Arsitektur X86 dan ARM
Google berjanji untuk mengaplikasikan baik arsitektur X86, ARM dan code-code populer bagi netbook lainnya.
4. Menu Aplikasi
Sebuah aplikasi web yang baru kini dapat ditemui dalam menu aplikasi secara permanen pada Chrome OS ini. Hal ini akan membantu pengguna untuk mencari sebuah aplikasi baru langsung secara online. Selain memudahkan pengguna menu aplikasi ini juga menguntungkan pihak pengembang.
5. Akur dengan Microsoft Office
Walau Microsoft dengan Windows-nya merupakan pesaing berat mereka, namun Chrome OS ini ternyata juga mendukung dijalankannya dokumen office. Saat peluncuran Chorme OS, Pichai juga mendemokan bahwa Chrome dapat membuka sebuah dokumen via Microsoft office live. Microsoft office live adalah sebuah aplikasi web gratis bagi pengguna Windows live.
Saat pengguna membuka sebuah dokumen berekstensi .xls, Chorme OS akan langsung membuka Excel via Microsoft Office Live secara online

Opera Browser....!!

Opera adalah salah satu browser yang sangat mudah dalam masalah penginstalannya, selain itu menurut pengakuan yang telah menggunakan Opera sebagai salah satu browsernya. Opera diakui lebih kecil kapasitas pembukaannya, sehingga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
Namun banyak juga kelebihan lain yang ditawarkan pada applikasi browser ini, tapi jangan melihat dari kelebihannya saja. Mari bahas kelebihan dan kelemahan browser ini satu persatu.
Kelebihan
Opera Browser di anggap lebih cepat dalam menampilkan halaman web dan kecepatannya bisa dibilang sama dengan browser lainnya. Selain itu Opera adalah pemplopor banyak fitur yang kemudian ditiru oleh banyak browser lainnya. Dan mungkin ini juga adalah kehebatan Opera adalah dapat membuka beberapa halaman tab dan ini juga sudah banyak browser lainnya yang sudah mengadopsi seperti ini.
Lalu apa saja kelemahan dari Opera setelah baru saja kita membahas kelebihannya.
Kelemahan dari Opera adalah, banyak yang mengungkapkan bahwa Opera sedikit dibilang lambat dalam membaca scrip pada halaman situs. Selain itu mungkin ini bisa dibilang kelemahan yang baling besar, jika Anda ingin mengupdate Opera Browser Anda harus menginstal ulang dari file masternya.
Namun Opera sedang mengedepankan produknya untuk bisa berkembang lebih baik dari pada sekarang. Namun jika Anda adalah pengguna Opera Browser, Anda bisa mengomentari artikel ini jika Anda menemukan kelemahan, ataupun kelebihan yang mungkin Anda dapatkan pada browser yang satu ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar