Berita Terbaru El Sinta

Kehebatan Sunnah Duha

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim )
Sholat Dhuha selama ini banyak dipahami sebagai sholat rejeki atau sholat duit. Entah kenapa jadi seperti itu,mungkin karena menurut kepercayaan tertentu rejeki adanya di pagi hari,atau karena dipopulerkan oleh ustad tertentu yang cukup sering nongol di TV ituh kali ya?? :mrgreen:
adapun kenapa sholat dhuha itu punya keutamaan yg cukup baik , karena sholat dhuha dua rakaat saja dapat mengeluarkan sedekah dari setiap persendian tubuh kita. Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu dia berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari selagi matahari masih terbit. Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atas kendaraannya merupakan sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju ke masjid adalah sedekah dan menyingkirkan aral (rintangan, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu) dari jalan juga merupakan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Allah berjanji membalas setiap sedekah kita dengan balasan berkali lipat,nah bayangkan jika kita sedekah sebanyak seluruh persendian tubuh kita,banyak sekali bukan??
“Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya. Satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah berkata, “Kecuali puasa, Aku yang akan membalas orang yang mengerjakannya, karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsu dan makannya karena Aku.” (HR. Muslim)
Karena itu gak aneh kalau orang mau sholat dhuha rejekinya jadi banyak ,karena janji Allah pasti benar, setiap tubuh kita mengeluarkan sedekah,makanya rejeki kita jadi banyak karena dibalas Allah berkali lipat banyaknya. Adapun rejeki ,jangan semata juga hanya dipahami sebagai bentuk materi ya,karena materi hanyalah salah satu bentuk rahmat Allah. bisa jadi kita dihindarkan dari kecelakaan,atau dihindarkan dari bahaya,atau bahkan dari cacatnya anggota tubuh kita (karena tubuh udah mengeluarkan sedekahnya jadi gak jadi kena musibah) ,atau malah bisa jadi juga harusnya terjadi kecelakaan yang akan mengeluarkan uang ,tapi gak jadi kejadian karena kita udah sedekah ;)
Shalat Dhuha dikerjakan ketika matahari sedang naik.
Kira-kira, ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu sebelum waktu dzuhur.
Jumlah raka’at shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 raka’at. Dan dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam
Tata Cara Shalat Dhuha
Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Asy-Syams
Pada rakaat kedua membaca surat Adh-Dhuha
Niat shalat dhuha adalah:
                            Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
                            Artinya: ” Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah.”
Doa yang dibaca setelah shalat dhuha:
“Ya Allah, bahwasanya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, dan perlindungan itu, perlindungan-Mu”. “Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi , keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh"

================================================================
Rahasia dan Keutamaan shalat Dhuha
 ;) Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia ;)
;) Ghanimah (keuntungan) yang besar ;)
;) Sebuah rumah di surga ;)
;) Memeroleh ganjaran di sore hari ;)
;) Ampunan Dosa ;)
-------------------(Sumber : Islam Artikel)--------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar